Industri Kreatif

, , , , , ,

Bisnis Kerajinan Tangan, umumnya dimulai dengan meneruskan usaha yang diwariskan orang tua. Tidak sedikit pula pebisnis yang mulai merintis bisnisnya dari hobi dan minat.

Bisnis yang dimulai dari hobi misal bisnis bengkel modifikasi kendaraan bermotor, bisnis breeder hewan, bisnis kuliner, bisnis kerajinan tangan dan hingga bisnis olah kebugaran tubuh (fitness).

Bisnis kerajinan tangan merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang pesat di Indonesia. Industri kreatif ini semakin tumbuh dan berkembang karena banyaknya permintaan masyarakat.

Jenis bisnis kerajinan tangan dibagi menjadi dua yakni craft secara massal dan craft indie. Craft massal adalah jenis bisnis kerajinan tangan yang diproduksi dengan banyak, contoh bisnis kerajinan gerabah dan kerajinan serat pisang abaca.

Craft massal dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan mengikuti tren pasar. Bisnis ini bermodal cukup dan didukung dengan mesin untuk meningkatkan nilai jual dan jumlah profit. Sedangkan bisnis craft indie dijalankan secara mandiri menggunakan alat sederhana.

Pebisnis dengan konsep craft indie menerima pesanan sesuai permintaan pelanggan atau selera pengrajin. Dan bila ingin memproduksi produk secara rutin harus membatasi pesanan, mempekerjakan karyawan atau mengadakan kerjasama dengan suplayer lain.

Media sosial dapat menjadi media efektif untuk mempromosikan produk kerajinan tangan. Biasanya menggunakan Instagram atau Facebook page.

Buatlah foto produk dengan pencahayaan dan angle yang baik agar menarik calon pembeli. Sertakan kontak person seperti nomor handphone, alamat email atau alamat website.

Lebih baik bila kontak usaha dipisahkan dari kontak pribadi untuk memberi kesan profesional. Dengan presentasi dan konsistensi yang baik, media sosial dapat menjadi sarana untuk mendatangkan pembeli dalam jangkauan yang lebih luas.

Keunikan dari para pelaku bisnis Craft Indie adalah mereka bergerak dari blog personal. Bergerak dari nol, tidak sedikit yang berhasil meraup sukses besar.

Bermodal dari minat dan sebuah blog sederhana kerajinan tangan, usaha craft dapat berkembang menjadi perusahaan berskala besar.

Posted in Usaha

Kamis Jan 10 4:20 pm

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Reset password

Enter your email address and we will send you a link to change your password.

Get started with your account

to save your favourite homes and more

Sign up with email

Get started with your account

to save your favourite homes and more

By clicking the «SIGN UP» button you agree to the Terms of Use and Privacy Policy
Powered by Estatik