Lompat ke konten

Siapa Hakim yang Paling Adil dalam Surah At Tin?


Jakarta

Surah At Tin merupakan surah ke-95 di dalam Al-Qur’an yang diturunkan di kota Mekkah sehingga surah ini masuk dalam golongan surah Makkiyah. Isi kandungan dari surah At Tin adalah membahas tentang kebesaran Allah SWT dalam menciptakan surga dan neraka.

Berdasarkan artinya, surah At Tin dapat dimaknai Allah menurunkan firman-Nya serta bersumpah atas empat hal yaitu, buah tin, buah zaitun, bukit Sinai dan kota Mekkah yang damai. Menurut beberapa penafsiran, keempat sumpah tersebut dipahami sebagai tempat di mana nabi dan rasul berjuang untuk agama Allah dengan penuh kesabaran dan keteguhan.

Makna dari surah At Tin dapat dipahami sebagai sebuah pengingat dan peringatan kepada manusia, agar senantiasa menjaga iman dan selalu berusaha berbuat kebaikan selama hidup. Dengan demikian, manusia akan memperoleh rahmat dan pahala yang berkelanjutan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain itu, surah ini juga menyinggung mengenai siapa sosok hakim yang paling adil. Sosok hakim yang paling adil tersebut ada pada ayat terakhir surah At Tin.

Bacaan dan Terjemahan Surah At Tin

وَٱلتِّينِ وَٱلزَّيْتُونِ

Wat-tīni waz-zaitụn

1. Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun

وَطُورِ سِينِينَ

Wa ṭụri sīnīn

2. Dan demi bukit Sinai

وَهَٰذَا ٱلْبَلَدِ ٱلْأَمِينِ

Wa hāżal-baladil-amīn

3. Dan demi kota (Mekkah) ini yang aman

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Laqad khalaqnal-insāna fī aḥsani taqwīm

4. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya

ثُمَّ رَدَدْنَٰهُ أَسْفَلَ سَٰفِلِينَ

Tṡumma radadnāhu asfala sāfilīn

5. Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka)

إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ

Illalladżīna āmanu wa ‘amiluṣ-sholiḥāti fa lahum ajrun gairu mamnụn

6. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya.

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِٱلدِّينِ

Fa mā yukażżibuka ba’du bid-dīn

7. Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

أَلَيْسَ ٱللَّهُ بِأَحْكَمِ ٱلْحَٰكِمِينَ

A laisallāhu bi`aḥkamil-ḥākimīn

8. Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

Makna Surah At Tin

Djazimah Muqoddas dalam bukunya Kontroversi Hakim Perempuan pada Peradilan Islam di Negara-Negara Muslim mengatakan, sebagaimana yang termaktub dalam surah At Tin ayat 8, hakim yang paling adil adalah Allah SWT. Dari ayat tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada yang mampu menyaingi keadilan dari Allah SWT.

Maksud dari keadilan Allah SWT di sini adalah Allah SWT tidak pernah melampaui batas dan tidak akan menganiaya semua umat-Nya. Neraka jahanam dibuat diperuntukan hanya kepada orang-orang yang melanggar selama hidupnya. Sedangkan sebagai hakim paling adil, Allah SWT tidak akan mengadili umat-Nya yang taat kepada-Nya dan meneladani rasul-Nya.

Lebih jauh, Profesor Wahbah az-Zuhaili dalam bukunya Tafsir al-Munir menjelaskan bahwa surah At Tin juga menguraikan prinsip keadilan yang mutlak dalam memberikan pahala kepada orang-orang Mukmin dan menghukum orang-orang kafir. Oleh karena itu, sebagai umat Islam, sudah seharusnya kita berlomba-lomba untuk menyiapkan bekal kita masing-masing untuk kehidupan akhirat.

Sementara Kementerian Agama RI menafsirkan surah At Tin ayat 8 yaitu, Allah adalah hakim yang paling adil, jangan mengira Allah menciptakan manusia secara sia-sia dengan tidak memberinya perintah dan larangan. Allah telah menurunkan aturan syariat.

Dia akan memberi putusan dengan adil, memberi pahala kepada orang yang taat dan menghukum orang yang bersalah. Bacalah apa yang Allah wahyukan kepadamu dengan terlebih dahulu menyebut nama Tuhanmu yang menciptakan segala sesuatu dengan keesaan-Nya.

Wallahu’alam.

Simak Video “Album Kingdom Mirip Al-Qur’an, Agensi Minta Maaf
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.