Lompat ke konten

Saudi Rilis Portal Cek Status Ketersediaan Masjid Nabawi Secara Real Time



Jakarta

Otoritas Arab Saudi yang bertanggung jawab atas Masjid Nabawi meluncurkan portal daring atau online yang menginformasikan status ketersediaan area salat di masjid tersebut. Tujuannya untuk menghindari jemaah yang berkerumun pada satu tempat.

Dikutip dari Gulf News, Senin (18/3/2024), layanan ini dapat menginformasikan jemaah umrah mengenai status area salat di Masjid Nabawi. Selain itu, memungkinkan juga pengguna mengetahui tingkat kapasitas tempat yang ingin dituju sehingga dapat menghindari kerumunan.

Layananini tersedia dalam beberapa bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Urdu. Selain itu, e-portal ini menyediakan indikator warna untuk menggambarkan status kapasitas area salat di Masjid Nabawi terutama saat jam sibuk.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Warna hijau menjadi indikasi area ‘tersedia’; kuning artinya ‘ramai’; merah muda berarti penuh’; abu-abu berarti ‘tidak tersedia’. Informasi ini dapat membantu jemaah dapat masuk dan keluar dari masjid dengan nyaman tanpa harus berdesak-desakan.

Menurut laporan kantor berita Saudi Press Agency (SPA), pengguna juga dapat memantau jumlah kepadatan secara real-time untuk 12 lokasi yang ditentukan, termasuk perluasan area timur, barat, utara, dan halaman (termasuk halaman barat baru dan area salat atap).

Tak sampai di situ, terdapat informasi real-time yang dapat membantu jemaah merencanakan kunjungan dan memastikan tidak ada kerumunan di area masjid atau halaman.

Bagi yang ingin mencoba aplikasi dapat diakses dengan meng-klik link berikut https://eserv.wmn.gov.sa/e-services/prayers_map/.

Simak Video “Cristiano Ronaldo Diskors Satu Laga Buntut Gestur Cabul!
[Gambas:Video 20detik]
(rah/rah)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.