Lompat ke konten

Lupa Niat Puasa di Malam Ramadan, Apakah Puasanya Sah?


Jakarta

Ketika melaksanakan ibadah salat tarawih sebelum witir, biasanya akan membaca doa puasa Ramadan bersama-sama, supaya menanamkan niat puasa untuk esok harinya. Lantas bagaimana jika seseorang tidak tarawih karena kesibukan, dan lupa berniat puasa?

Pentingnya niat sebelum melakukan suatu amal kebaikan juga pernah ditegaskan oleh Rasulullah SAW melalui sebuah hadits.

أَنَّمَا الأَعْمَالَ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya: “Sesungguhnya setiap amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan memperoleh balasan sesuai dengan apa yang telah diniatkannya.” (HR. Bukhari).

Lantas bagaimana hukum puasa bila seseorang lupa mengamalkan niat puasa di malam harinya?

Pendapat Para Imam Terkait Niat Puasa

Merangkum hukum niat puasa dari buku Agar Tak Hanya Lapar dan Dahaga Panduan Puasa Ramadan Sehat Dan Berkah karya Iqbal Syauqi Al-ghiffary

Mayoritas penganut mazhab Imam Syafi’i berpendapat niat puasa harus diucapkan setiap malam bulan Ramadan.

Pendapat kalangan mazhab Imam Malik bin Anas dan Ahmad mengatakan niat puasa bisa dilakukan sekali di awal Ramadan, berlaku selama sebulan penuh, dengan niat puasa selama sebulan. Namun tetap membaca niat puasa setiap harinya sesudah tarawih.

Penganut Mazhab Imam Hanafi berpendapat, “Sah niat puasa Ramadan pada tiap-tiap puasa yang ditakyinkan (Diwajibkan) dengan berniat pada siang harinya.”

Bagaimana Jika Lupa Niat Puasa?

Dilansir dari buku The Miracle of Fast karya Amirulloh Syarbini dijelaskan pendapat Imam Malik, Syafi’i, dan Ahmad yang sepakat terkait seseorang lupa niat puasa di malam hari Ramadan.

“Hendaklah bagi mereka yang tidak berniat pada malam hari karena lupa, supaya tetap berpuasa (menahan makan, minum, dan bersetubuh) pada siang harinya. Tetapi wajib atas mereka untuk mengqadha puasa yang telah ditinggalkan niat itu. Sedangkan jika tidak berniat puasa malam hari karena kesengajaan, maka puasanya dianggap tidak sah, karena segala puasa fardhu disyaratkan niat pada malam harinya.”

Bila puasa yang dijalankan adalah puasa sunnah, maka boleh diniatkan di malam harinya, atau setelah terbit fajar asalkan belum makan.

Pendapat lainnya dilansir dari buku Panduan Ibadah Ramadhan yang ditulis Annisa Nurul Hasanah, Lc. S.Ag menjelaskan bagi seorang yang lupa niat puasa di malam Ramadan pada kitab Fathul Mu’in.

Isi Kitab Fathul Mu’in, yaitu:

Akhiran, puasanya orang yang tidak niat di malam hari tidaklah sah. Meskipun di malam harinya ia sudah makan sahur. Dan ia tetap harus menahan diri dari hal – hal yang membatalkan puasa, walaupun ia tidak dianggap melaksanakan puasa. Adapun solusi agar tidak lupa niat puasa fardhu di malam hari, maka biasanya imam masjid akan menuntun jamaahnya setelah shalat tarawih untuk mengucapkan niat bersama- sama. Meskipun masing-masing jama’ah harus meniatkan kembali di dalam hatinya, karena niat itu di dalam hati, sedangkan dilafalkan hanya sunnah saja.

Niat Puasa Ramadan

Niat Puasa Setiap Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri Ramadhana hadzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”

Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh

نَوَيْتُ صَوْمَ جَمِيْعِ شَهْرِ رَمَضَانِ هٰذِهِ السَّنَةِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma jami’i syahri ramadhani hadzihis sanati fardhan lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat berpuasa di sepanjang bulan Ramadhan tahun ini dengan mengikuti pendapat Imam Malik, wajib karena Allah Ta’ala.”

Jangan lupa cek selalu jadwal salat dan imsakiyah DI SINI.

Simak Video “Tips Puasa Sehat: Jaga Pola Makan hingga Jangan Lupa Olahraga!
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.