Lompat ke konten

Lebaran 2024 Berapa Hari Lagi? Cek Hitung Mundurnya


Jakarta

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah satu dari dua hari raya umat Islam. Lebaran jatuh pada 1 Syawal, tepat setelah Ramadan berakhir. Tahun ini, Lebaran berapa hari lagi?

Penetapan 1 Syawal di Indonesia diputuskan dalam sidang isbat yang digelar pada 29 Ramadan. Menurut amanat Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah pemerintah menggunakan metode rukyat dan hisab dalam menetapkan awal bulan Kamariah.

Lebaran 21 Hari Lagi

Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin memprediksi Lebaran 2024 jatuh serentak pada 10 April 2024. Menurut prediksi ini, artinya Lebaran akan tiba 21 hari lagi dari sekarang, Rabu (20/3/2024).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Thomas menyebut posisi hilal pada akhir Ramadan atau 29 Ramadan 1445 H di seluruh wilayah Indonesia sudah memenuhi kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), yaitu posisi hilal minimal berada pada ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

“Syawal itu insyaallah tinggi bulan pada akhir bulan Ramadan, itu tingginya sudah 6,3 derajat untuk di Jakarta artinya sudah lebih dari 3 derajat. Elongasinya sudah 8,9 derajat artinya sudah lebih dari 6,4 derajat,” tutur Thomas dalam agenda diskusi media bertajuk Kriteria Baru MABIMS dalam Penentuan Awal Ramadan di kantor BRIN, Jumat (8/3/2024) lalu.

“Jadi tanggal 9 April, Magribnya sudah masuk 1 Syawal, jadi orang-orang sudah mulai bertakbir,” sambungnya.

Lebaran 2024 Pemerintah

Kendati sudah ada prediksi, Lebaran 2024 di Indonesia baru ditetapkan usai pemerintah menggelar sidang isbat pada 29 Ramadan. Mengacu pada penepatan awal Ramadan 1445 H/2024 M, 29 Ramadan 1445 H jatuh pada 9 April 2024.

Pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal berdasarkan hasil hisab yang disampaikan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) RI. Setelah itu, tim rukyatul hilal akan memaparkan hasil pengamatan hilal untuk kemudian dibahas dalam sidang isbat.

Sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam, seperti Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah turut menetapkan awal Syawal atau Lebaran. Berikut selengkapnya.

Lebaran 2024 NU

NU belum menetapkan Lebaran 2024. Penetapan biasanya dilakukan menunggu keputusan sidang isbat yang digelar oleh Kemenag RI. Dalam hal ini, NU juga melakukan rukyatul hilal sebagai pertimbangan penetapan awal bulan Kamariah.

Lebaran 2024 Muhammadiyah

Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024 melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah 1445 Hijriah. Dalam maklumat tersebut, ditetapkan Hari Raya Idul FItri 1445 Hijriah jatuh pada 10 April 2024.

Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki dengan kriteria wujudul hilal dalam menentukan awal bulan kamariah. Hisab hakiki adalah metode hisab yang berpatokan pada gerak benda langit, khususnya matahari dan bulan faktual. Sedangkan wujudul hilal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi di mana bulan terbenam lebih lambat dari terbenamnya matahari.

Berdasarkan maklumat PP Muhammadiyah tersebut, Lebaran versi Muhammadiyah jatuh 21 hari lagi dari sekarang.

Lebaran 2024 di UEA dan Arab Saudi

Negara-negara Uni Emirat Arab dan Arab Saudi memulai puasa pada 11 Maret 2024. Ketua Asosiasi Astronomi Emirates Ibrahim Al Jarwan menyebut kemungkinan Lebaran 2024 akan jatuh pada 10 April 2024, lapor Gulf News, Minggu (17/3/2024).

Lahirnya bulan sabit Syawal bersamaan dengan gerhana matahari total pada 8 April 204. Hal ini mengindikasikan bulan sabit Syawal akan terlihat setelah matahari terbenam pada keesokan harinya di sebagian besar negara mayoritas Islam.

Simak Video “Simak! Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik Lebaran Tahun Ini
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.