Lompat ke konten

Larang Kibarkan Bendera Palestina di Ka'bah hingga Boikot Kurma Israel Menggema


Jakarta

Kabar terkait Palestina dan Israel menarik perhatian pembaca detikHikmah sepekan ini. Petugas keamanan memberhentikan seorang jemaah wanita yang berfoto sambil mengibarkan bendera Palestina di depan Ka’bah.

Aksi tersebut viral di media sosial. Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Al Sudais pun merespons tindakan tersebut. Menurutnya, mengibarkan bendera di Ka’bah merupakan sebuah pelanggaran.

Selain berita tersebut, berikut artikel dan berita terpopuler yang menarik perhatian pembaca detikHikmah detikcom pekan ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hukum Baca Surah Al-Fatihah bagi Makmum, Bolehkah Diam Saja?

Membaca surah Al-Fatihah merupakan rukun salat dan meninggalkannya menyebabkan salat tidak sah. Ada dua pendapat di kalangan ulama terkait hukum membaca Al-Fatihah dalam salat berjamaah.

Imam Syafi’i dan Ahmad berpendapat membaca Al-Fatihah wajib bagi makmum baik dalam salat sirriyyah maupun salat jahriyyah. Sementara itu, Imam Malik menyatakan makmum hanya wajib membaca Al-Fatihah pada salat sirriyah, bukan jahriyyah.

Doa Nabi Yunus Hadapi Kesulitan, Begini Cara Mengamalkannya

Nabi Yunus AS dikisahkan menghadapi kesulitan yang luar biasa saat berdakwah kepada kaumnya. Ia pun memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Doa Nabi Yunus AS terdapat dalam Al-Qur’an surah Al Anbiya’ ayat 87. Doa ini kemudian menjadi bacaan yang populer di kalangan umat Islam karena diyakini mustajab.

Larang Kibar Bendera Palestina di Ka’bah, Imam Masjidil Haram Bilang Begini

Media sosial sempat dihebohkan dengan tindakan petugas keamanan yang menyetop aksi jemaah wanita berfoto sambil mengibarkan bendera Palestina di depan Ka’bah. Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Al Sudais buka suara.

Sheikh Sudais menyebut aksi yang dilakukan oleh salah seorang jemaah wanita tersebut memang sebuah pelanggaran dan meminta jemaah untuk memerhatikan aturan. Ia menyebut Masjidil Haram adalah salah satu tempat ibadah di Arab Saudi yang bebas dari simbol-simbol politik.

“Tidak ada simbol di Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Masjid Nabawi) kecuali slogan (syiar) tauhid dan labaik allahuma labaik (kalimat talbiyah). Anda datang untuk beribadah, bukan untuk mengangkat slogan dan jargon (tertentu),” tuturnya kepada Al Ekhbariya TV yang ditayangkan di YouTube-nya, Minggu (25/2/2024).

Libur Nasional 2024 Jelang Puasa-Lebaran, Total Long Weekend 14 Hari!

Pemerintah telah menetapkan libur nasional 2024 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 855 Tahun 2023, Nomor: 3 Tahun 2023, dan Nomor: 4 Tahun 2023 tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024.

Berdasarkan keputusan tersebut, ada sejumlah libur nasional awal Ramadhan dan Lebaran. Total libur mencapi 14 hari, termasuk libur akhir pekan dan cuti bersama.

Awal puasa diprediksi jatuh pada 11 atau 12 Maret 2024. Adapun, Lebaran diprediksi jatuh pada 10 atau 11 April 2024.

Boikot Kurma Israel Jelang Ramadan Menggema, Produsen Ketar-ketir

Ajakan boikot kurma Israel menggema seiring dengan serangan Israel di Jalur Gaza yang masih terus berlanjut. Produsen sampai ketar-ketir!

Media lokal Israel Haaretz melaporkan boikot kurma jelang Ramadan ini mempersulit penjualan kurma Israel di pasar Eropa. Pasalnya sekitar sepertiga ekspor kurma tahunan Israel dialokasikan untuk dijual selama Ramadan.

“Kampanye iklan senilai 550.000 USD (sekitar Rp 8,7 miliar) untuk mempromosikan kurma Medjool Israel dihentikan sebagai respons atas ketakutan pada boikot,” demikian pernyataannya.

Awal puasa Ramadhan 2024 akan jatuh pada 11 atau 12 Maret 2024. Pemerintah dan NU masih menunggu keputusan sidang isbat yang digelar pada 29 Syaban, sementara Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa.

Penetapan awal puasa secara umum dilakukan berdasarkan metode hisab dan rukyat. Perbedaan metode ini menyebabkan perbedaan awal bulan kamariah.

Masjid Terbesar ke-3 setelah Masjidil Haram dan Nabawi Diresmikan di Aljazair

Pemerintah Aljazair meresmikan Masjid Djamaa El-Djazair. Masjid ini menjadi yang terbesar ketiga di dunia setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah dan terbesar di Afrika.

Al Jazeera melaporkan acara peresmian Masjid Djaamaa El-Djazair ini hanya bersifat seremonial. Pasalnya masjid ini telah dibuka untuk wisatawan internasional dan lokal lima tahun lalu dan pertama kali dibuka untuk salat pada Oktober 2020.

Artikel salat jenazah, doa qunut, dan bacaan surah Yasin juga menempati pencarian teratas pembaca detikHikmah pekan ini.

Simak Video “Sapa Relawan Batam, Prabowo Kibarkan dan Cium Bendera Palestina
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.