Catatan RedaksiKisah Riwayat

Kendaraan Melewati Jembatan Shiratal Mustaqim

Bookmark (0)

Ada riwayat yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kalimat, ‘gemukanlah, baguskanlah hewan-hewan sembelihan kalian. Karena sesungguhnya hewan-hewan kurban, hewan-hewan sembelihan yang dibaguskan itu, itu nanti akan datang di hari kiamat jadi kendaraan kalian melewati jembatan penyebrangan yang menentukan antara surga ataukah neraka

Ustaz Adi Hidayat “Seperti ulama Ibnu Hajar Al-Asqalani juga menyebut riwayat ini sangat lemah sekali, demikian dengan as-Sakhawi, pakar di bidang penelitia hadist, juga senada dengan Ibnu Hajar Al-Asqalani, menilai hadistnya sangat lemah sekali. Demikian juga Al-Munawi, beliau menyebut bahwa inipun sangat lemah sekali,”

Dalam hadist, Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam menegaskan bahwa Allah Subhanahu wa ta’ala mencintai orang-orang yang melaksanakan ibadah kurban. Pasalnya, hewan kurban akan menjadi penyelamat di hari kiamat nanti. Hal ini terdapat dalam hadist riwayat Tirmidzi yang berbunyi:

“Tidak ada amalan yang dilakukan oleh anak Adam pada hari Nahr yang lebih dicintai Allah daripada mengalirkan darah (hewan kurban). Sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduknya, bulunya, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada keridhaan Allah sebelum darah tersebut jatuh ke tanah. Maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berkurban.” (HR. Tirmidzi).

Ade Munaa

Worked as an IT engineer in several companies and became a freelance software developer. More than 20 years of experience creating and managing sites in various software languages.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button