Lompat ke konten

Kapan Niat Puasa Ramadan Dibaca? Ini Penjelasannya


Jakarta

Bulan Ramadan adalah bulan yang dinanti-nantikan umat Islam ini menandai dimulainya waktu untuk menjalankan ibadah puasa. Puasa pada dasarnya diawali dengan membaca niat. Kapan niat puasa Ramadan mulai dibaca?

Dikutip dari buku Al-Quran dan Visi-visi Transformatif oleh M. Mustanadi, niat adalah persoalan yang penting dalam Islam. Hal ini karena seluruh amal yang dilakukan harus berdasarkan niat yang benar, termasuk niat puasa Ramadan. Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya: “Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar maka tidak ada puasa baginya.” (HR Ad-Daru Quthni dan Al- Baihaqi)

Waktu Terbaik Membaca Niat Puasa Ramadan

Niat adalah salah satu rukun puasa yang harus dipenuhi seorang muslim sebelum menjalankan ibadah puasa. Dengan niat yang tulus dan ikhlas, puasa kita akan sah dan diterima oleh Allah SWT.

Dilansir dari buku Perbandingan Mazhab Fiqh: Penyesuaian Pendapat di Kalangan Imam Mazhab oleh H. Syaikhu dan Norwili, niat puasa Ramadan bisa mulai dibaca pada malam sampai sebelum terbitnya fajar.

Berdasarkan hal tersebut, dianjurkan untuk membaca niat puasa Ramadan setiap malam sebelum tidur atau setelah salat Tarawih. Niat puasa juga bisa dibacakan saat sedang melaksanakan sahur.

Seorang muslim yang lupa membaca niat pada malam harinya tanpa sengaja, sebaiknya langsung membaca niat ketika ia mengingatnya. Walaupun waktu sudah memasuki siang hari.

Bacaan Niat Puasa Ramadan

Berikut adalah bacaan niat puasa Ramadan dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu souma ghadin ‘an adâ’i fardhi syahri Ramadhâni hâdzihis sanati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan karena Allah ta’ala.”

Tips agar Tidak Lupa Membaca Niat Puasa

Puasa Ramadan adalah ibadah yang penuh berkah dan pahala. Namun terkadang kelalaian bisa membuat kita lupa membaca niat yang menjadi salah satu syarat sahnya puasa. Berikut beberapa tips agar tidak lupa membaca niat puasa Ramadan.

1. Biasakan Membaca Niat Malam Hari

Ini adalah cara terbaik, yaitu dengan membiasakan membaca niat puasa setelah salat Isya atau sebelum makan sahur. Dengan membiasakan diri, niat puasa menjadi rutinitas yang tidak mudah terlupakan.

2. Gunakan Pengingat Visual

Tulis bacaan niat puasa Ramadan pada secarik kertas dan tempel di tempat yang mudah dilihat, seperti dekat tempat tidur atau meja makan sahur. Membaca niat sambil melihat tulisan dapat membantu Anda untuk lebih fokus dan mengingat.

3. Manfaatkan Teknologi

Pasang alarm pengingat di handphone Anda untuk membacakan niat puasa pada waktu tertentu, misalnya setelah Isya atau sebelum imsak. Alarm ini bisa menjadi penolong jika terbiasa tidur larut.

4. Libatkan Keluarga dan Teman

Ajak anggota keluarga atau teman untuk saling mengingatkan membaca niat puasa. Selain mempererat hubungan, saling mengingatkan juga membantu Anda untuk tidak lupa berniat.

Ingatlah bahwa niat puasa adalah bagian dari rukun puasa. Dengan usaha dan kesungguhan, kita dapat menjalankannya dengan baik. Semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT.

Simak Video “Cerita Irfan Hakim Selalu Kerja Sampai 20 Jam saat Ramadan
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/rah)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.