Lompat ke konten

Jemaah Lansia Bisa Pakai Mobil Golf di Masjidil Haram, Bayar 25 Riyal



Jakarta

Otoritas Umum Pemeliharaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi meluncurkan layanan transportasi baru untuk jemaah lansia dan penyandang disabilitas di Masjidil Haram. Transportasi tersebut berupa mobil golf.

Melansir kantor berita Saudi, SPA, Jumat (22/3/2024), layanan berupa 50 mobil golf ini dilengkapi dengan kursi yang dirancang khusus demi kenyamanan para lansia dan penyandang disabilitas. Mobil yang dapat menampung hingga 10 penumpang ini nantinya akan ditempatkan di area mataf.

Beroperasi mulai dari jam 4 sore hingga jam 4 pagi, layanan transportasi ini siap mengantar jemaah setiap hari. Otoritas menempatkan layanan transportasi ini di dekat eskalator Ajyad, lift pintu masuk King Abdulaziz, dan pintu masuk umrah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Para penumpang nantinya akan dikenai tarif sebesar 25 Riyal (sekitar Rp 105 ribu) termasuk pajak.

Otoritas Umum Pemeliharaan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi telah menyiapkan berbagai fasilitas di Masjidil Haram guna mengantisipasi kepadatan jemaah utamanya pada bulan Ramadan. Pihaknya menyebut telah memastikan pengeras suara, sistem ventilasi, dan AC berfungsi dengan sempurna.

Otoritas juga menyediakan Al-Qur’an dengan berbagai terjemahan dan perangkat penerjemah khotbah Jumat bagi jemaah dari berbagai belahan dunia.

Selain itu, jemaah yang memiliki keterbatasan mobilitas bisa memanfaatkan fasilitas kereta reguler dan listrik yang bisa diakses melalui aplikasi “Mobility”.

Saudi juga mengerahkan personel keamanan dan relawan untuk membantu jemaah, mengendalikan massa, juga menjaga keamanan.

Seperti diketahui, Ramadan menandai puncak musim umrah di Masjidil Haram. Umat Islam dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong datang ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah tersebut.

Laporan detikHikmah dari Tanah Suci, Selasa (12/3/2024), Masjidil Haram dipadati jemaah sejak masuk bulan Ramadan. Pada hari kedua Ramadan, kepadatan terjadi sejak pukul 03.00 dini hari waktu Arab Saudi.

Simak Video “Melihat Suasana Tarawih Pertama di Masjidil Haram
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.