Lompat ke konten

Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Se-Indonesia Bisa Cek di Sini, Lengkap!



Jakarta

Marhaban ya Ramadan! Umat Islam sebentar lagi akan menjalankan puasa Ramadan 1445 H/ 2024 M. Dua hal yang tak lepas dari ibadah tersebut adalah waktu imsakiyah dan buka puasa.

Puasa Ramadan adalah kewajiban atas setiap mukallaf. Allah SWT berfirman dalam surah Al Baqarah ayat 183,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ١٨٣


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Para fuqaha mendefinisikan puasa sebagai menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Fajar yang dimaksud di sini adalah fajar shadiq sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits.

Diriwayatkan bahwa Bilal adzan pada waktu malam. Lalu, Rasulullah SAW bersabda, “Makan minumlah kalian sampai Ibnu Ummi Maktum azan. Karena dia tidak akan azan kecuali setelah terbitnya fajar shadiq.” (HR Bukhari dan Muslim)

Azan Subuh akan dikumandangkan pada waktu terbit fajar shadiq. Disebutkan dalam Tafsir Ibnu Katsir surah Al Baqarah ayat 187, ketika sudah masuk waktu Subuh maka diharamkan makan, minum, dan bersetubuh.

detikers bisa mempersiapkan kurang lebih 10 menit sebelum masuk waktu tersebut dengan melihat jadwal imsakiyah di detikHikmah detikcom. Tersedia jadwal untuk semua provinsi di Indonesia dalam tiga zona waktu.

Selain jadwal imsakiyah, detikers juga bisa memantau jadwal buka puasa untuk meraih keutamaan pada waktu tersebut. Sebab, Rasulullah SAW pernah bersabda,

لَا يَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya: “Manusia senantiasa dalam kebaikan selagi mereka menyegerakan berbuka.” (HR Bukhari dan Muslim dari Sahl bin Sa’ad As-Sa’idi RA)

Untuk memudahkan detikers mendapatkan informasi berbuka puasa, detikHikmah juga menyajikan jadwal buka puasa lengkap untuk semua provinsi di Indonesia. Jika ingin melihatnya offline, detikers bisa mengunduh terlebih dulu karena jadwal ini juga tersedia versi pdf.

Jadwal imsakiyah dan buka puasa bisa detikers akses di SINI. Jangan sampai terlewat, ya!

Simak Video “Puasa Lancar dengan Asupan Gizi yang Benar
[Gambas:Video 20detik]
(kri/rah)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.