Lompat ke konten

Doa untuk Pengantin Baru, Dibaca agar Rumah Tangga Harmonis



Jakarta

Islam mengatur setiap sendi-sendi kehidupan termasuk dalam pernikahan. Dianjurkan bagi pasangan baru untuk mengucapkan doa pengantin baru supaya Allah SWT hadirkan keberkahan dan keridaan dalam rumah tangga.

Doa-doa tersebut menjadi simbol pengharapan supaya Allah SWT senantiasa menjadi penolong paling utama bagi pasangan baru untuk mempertahankan rumah tangga mereka mengarungi kehidupan yang penuh tantangan.

Dengan memiliki rumah tangga yang harmonis, tentu Allah SWT akan mencukupkan rezekinya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam surah An Nur ayat 32:


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu, baik laki-laki maupun perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru

Dikutip dari buku Sakinah Cinta karya Ummu Azzam, doa-doa yang bisa dilantunkan oleh para pengantin, diantaranya yaitu:

1. Doa Kebaikan untuk Pengantin

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Arab Latin: “Barokallahu laka wabaroka ‘alaika wajama’a bainakumaa fii khoirin.”

Artinya: “Semoga Allah Memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, dan semoga Allah menyatukan kalian berdua dalam kebaikan.”

2. Doa agar Pernikahan Diberkahi

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُلُوْبِنَا وَأَزْوَاج ِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَتُبْ

عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Arab-Latin: Allahumma Baarik Lanaa Fii Asmaa’inaa Wa Abshaarinaa Wa Quluubinaa Wa Azwaajinaa Wa Dzurriyyaatinaa Wa Tub’Alainaa Innaka Antattawwaaburrahiim

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam pendengaran kami, penglihatan kami, hati kami, istri-istri kami, dan anak keturunan kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya, Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang”.

3. Doa agar Dijauhkan dari Perselingkuhan

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، رَبَّن َا إِنَّكَ

مَنْ تُدْخِلَ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِظَّالِمِينَ مِنْ أَن ْصَارِ. رَبَّنَا إِنَّنَا

سَمِعْنَا مُنَادِيًا يُنَادِى لِلْإِيْمَانِ أَنْ أَمِنُوا بِرَبّ ِكُمْ فَآمَنَّا رَبَّنَا فَاغْفِرْ لَنَا

ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيِّئَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ، رَبَّنَا آتِنَا مَا وَعَدْتَنَا

عَلَى رُسُلِكَ وَلَا تُحْزِنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّكَ لَ ا تُخْلِفُ الْمِيعَادَ.

Arab-Latin: Rabbanaa Maa Khalaqta Haadzaa Baathilan Subhaanaka Faqinaa’Adzaaban naar. Rabbanaa Innaka Man Tudkhilin Naara Faqad Akhzaitahu Wa Maa Lizhaalimiina Min Anshaar. Rabbanaa Innanaa Sami’naa Munaadiyan Yunadii Lil-Imaani An Aminuu Birabbikum Fa Amannaa. Rabbanaa Faghfir Lanaa Dzunaubanaa. Wa Kaffir’Anna Sayyi’Atinaa, Wa Tawaffanaa Ma’al Abraar Rabbanaa Aatina Maa Wa’Adtanaa’Alaa Rusulika Wa La Tuhzinaa Yaumal Qiyaamati. Innaka Laa Tukhliful Mii’Aad.

Artinya: “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau. Peliharalah kami dari siksa neraka. Ya Tuhan kami, sesungguhnya barang siapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka maka sungguh telah Engkau hinakan dia. Tidak ada seorang penolong pun bagi kaum yang zalim. Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman (yaitu), ‘Berimanlah kamu kepada Tuhanmu’ maka kami pun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami. Matikanlah kami bersama orang- orang yang berbakti. Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu. Janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji.”

4. Doa Pengantin Pria untuk Pasangannya

Doa dari pengantin pria untuk calon istrinya juga bisa dipanjatkan. Berikut doa yang bisa diamalkan dari buku Doa dan Zikir Makbul yang ditulis oleh Abu Hurairah Abdul Salam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Arab Latin: “Alaahumma inni as-aluka khoirohaa, wakhoiro maa jabaltahaa ‘alaihi, wa-a’uuzubika min syarrihaa, wasyarrimaa jabaltahaa ‘alaihi.”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan perempuan dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan perempuan atau budak ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya.”

5. Doa Pengantin Mohon Keturunan

وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Arab-Latin: Wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīn

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.”

6. Doa untuk Pengantin dari Rasulullah SAW

Mengutip hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW mendoakan untuk pengantin yang baru menikah sebagai berikut.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan.” (HR Abu Dawud)

Simak Video “Wanita di Bogor Kabur Sehari Usai Nikah, Demi Temui Kekasih
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.