Lompat ke konten

detikKultum Habib Ja'far: Tips Mencari Jodoh Menurut Islam



Jakarta

Jatuh cinta adalah perasaan sekaligus anugerah yang diciptakan Allah SWT kepada makhluk-Nya. Jatuh cinta dengan belahan hati yang telah menjadi jodoh tentu akan meraih pahala tersendiri.

Terkait jodoh, Habib Ja’far menjelaskan sekaligus memberikan tips mencari jodoh yang baik dalam Islam. Penjelasan Habib Ja’far terangkum dalam detikKultum detikcom, Selasa (19/3/2024).

Jodoh menjadi salah satu isu Gen Z. Banyak anak muda yang sering membahas tentang jodoh baik itu adalah menunggu jodoh dan mencari jodoh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Isu di kalangan Gen Z tentang jodoh, pokoknya jodoh, jodoh dan jodoh. Sebenarnya itu sesuatu yang manusiawi,” ujar Habib Ja’far.

Habib Ja’far menjelaskan perkara jodoh ini dengan mengutip satu ayat dalam Al-Qur’an surah Al A’raf ayat 189,

۞ هُوَ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَٰحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا ۖ فَلَمَّا تَغَشَّىٰهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِۦ ۖ فَلَمَّآ أَثْقَلَت دَّعَوَا ٱللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ ءَاتَيْتَنَا صَٰلِحًا لَّنَكُونَنَّ مِنَ ٱلشَّٰكِرِينَ

Artinya: Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan isterinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, isterinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami-isteri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata: “Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami termasuk orang-orang yang bersyukur”.

“Laki-laki dan perempuan membutuhkan pasangan untuk melengkapi hidup,” tegas Habib Ja’far.

Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Menikah itu adalah menyempurnakan ibadah kita sebagai hamba terhadap Tuhannya.”

Bagaimana cara mencari dan menemukan jodoh?

Habib Ja’far menjelaskan jodoh boleh dicari melalui media apa pun selama tidak ada unsur kemaksiatan. Boleh melalui orang tua, teman, media sosial, bahkan dating apps. Semua boleh dan tidak masalah selama tidak ada unsur kemaksiatan.

“Tidak ada mitos, cowok mencari jodoh, cewek menunggu jodoh. Nggak gitu Bro! Jadi baik cowok atau cewek sama-sama mencari jodohnya. Jodoh itu emang dari Tuhan, di tangan Tuhan dan jodoh nggak akan kemana tapi kalo Lo nggak kemana-mana ya Lo gak dapet jodoh,” beber Habib Ja’far.

Habib Ja’far juga menegaskan bahwa perempuan juga memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam hal mencari jodoh. Tidak harus laki-laki yang bergerak mencari jodohnya, perempuan juga harus bergerak.

“Bahkan Sayyidah Khadijah mendapatkan jodohnya yaitu manusia termulia Rasulullah SAW karena beliau yang bergerak dan meminta Nabi Muhammad untuk menikahinya,” jelas Habi Ja’far.

Siapa sih jodoh kita dan seperti apa jodoh yang membawa kebaikan serta membawa diri kita semakin mencintai Allah SWT?

Selengkapnya detikKultum Habib Ja’far: Tips Mencari Jodoh Menurut Islam bisa disaksikan DI SINI. Kajian bersama Habib Ja’far ini tayang tiap hari selama bulan Ramadan menjelang waktu berbuka puasa pukul 18.00 WIB. Jangan terlewat!

(dvs/kri)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.