Lompat ke konten

Dalil Keutamaan Malam Lailatul Qadar, hanya Terjadi saat Ramadan


Jakarta

Ada beberapa dalil yang menjelaskan tentang keutamaan malam Lailatul Qadar. Malam istimewa yang terjadi hanya saat Ramadan ini menjadi momen untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

Lailatul Qadar dijelaskan dalam beberapa surah dalam Al-Qur’an, salah satunya termaktub dalam surah Al-Qadr ayat 1-5. Allah SWT berfirman,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ، وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ، سَلَامٌ هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Dalam hadits Rasulullah SAW juga menjelaskan kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Rasulullah SAW bersabda,

تحروا ليلة القدر في الوتر من العشر الأواخر من رمضان

Artinya: Carilah malam Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh terakhir bulan Ramadan (HR. Imam Bukhari)

Dalam riwayat lain disebutkan,

هي في شهر رمضان في العشر الأواخر, ليلة إحدي وعشرين, أو ثلاث وعشرين, أو خمس وعشرين, أو سبع وعشرين, أو تسع وعشرين, أو آخر ليلة من رمضان, من قامها إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر

Artinya: Lailatul Qadar berada di bulan Ramadan pada sepuluh hari terakhirnya, yaitu malam kedua puluh satu, atau kedua puluh tiga, atau kedua puluh lima, atau kedua puluh tujuh, atau kedua puluh sembilan, atau di akhir malam Ramadhan. Barangsiapa salat malam karena iman dan mengharapkan pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lampau dan dosa yang kemudian (HR Imam Ahmad).

Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Terdapat banyak keutamaan yang bisa diraih di malam Lailatul Qadar. Berikut beberapa dalil yang menjelaskan keutamaan malam Lailatul Qadar.

1. Malam yang lebih baik dari malam seribu bulan

Merangkum buku Sukses Berburu Lailatul Qadar oleh Muhammad Adam Hussein, S.Pd, dijelaskan malam Lailatul Qadar memiliki beberapa makna diantaranya yakni sebagai malam yang diberkahi, malam peringatan, malam segala urusan yang penuh hikmah, dan malam kemuliaan.

Berdasarkan penafsiran dan pendapat ulama salaf, berikut An Nakho’i mengatakan, “Amalan di Lailatul Qadar lebih baik dari amalan di 1000 bulan.” (Lihat Latho-if AL Ma’arif, hal.341).

Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah salat dan amalan pada Lailatul Qadar lebih baik dari salat dan puasa di 1000 bulan yang tidak terdapat Lailatul Qadar.(Zaadul Masiir, 9: 191).

Dalam hal ini 1000 bulan ini sama dengan 83 tahun 4 bulan lamanya.

Dalam kitab Durratun Nasihin menyebutkan bahwa Allah berseru kepada Rasulullah SAW, “Hai Muhammad, salat 2 rakaat pada malam kemuliaan (Lailatul Qadar) adalah lebih baik bagimu dan umatmu daripada perang di zaman Bani Israil selama 1000 bulan.”

2. Diampuni dosa di masa lalu

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: Barangsiapa shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau (HR Imam Bukhari).

3. Malaikat mendoakan orang yang mengingat Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda,

إذا كانتْ لَيْلَةُ القدْرِ نَزَلَ جِبريلُ فى كَبْكَبَةٍ من الملائكةِ يُصَلُّون وَيُسَلِّمُوْنَ على كلِّ عبدٍ قائمٍ أو قاعدٍ يَذْكُرُ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ فَيَنْزِلُونَ مِن لَدُنْ غُروبِ الشمسِ إلى طلوعِ الفَجْرِ (رواه البيهقى فى شعب الإيمان والسيوطىّ فى الجامع الكبير)
Artinya : Jika tiba lailatul qadar, malaikat Jibril turun dengan serombongan malaikat lalu mendoakan dan mengucapkan salam kepada setiap hamba yang berdiri atau duduk berdzikir mengingat Allah. Mereka turun dari terbenamnya matahari hingga terbit fajar” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman dan as Suyuthi dalam al-Jami’ al-Kabir)

4. Lailatul Qadar sebagai malam keselamatan

Dalam surat Al-Qadr ayat 5, Allah SWT berfirman,

سَلَٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ

Artinya: Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar

Yang dimaksud ‘salaam’ dalam ayat tersebut yaitu malam Lailatul Qadar penuh keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain. Demikianlah kata Mujahid (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14: 407).

Ibnu Zaid dan Qotadah berkata bahwa pada malam lailatulqadar hanya ada kebaikan saja, tidak ada kejelekan hingga terbit fajar.

Simak Video “Kenali Keutamaan Malam Lailatur Qadar
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.