Lompat ke konten

Daftar Ayat Al-Qur'an dan Hadits tentang Kewajiban Menuntut Ilmu



Jakarta

Pendidikan adalah pondasi penting untuk memajukan peradaban. Bahkan dalam Al-Qur’an dan hadits dijelaskan soal kewajiban menuntut ilmu.

Menuntut ilmu juga menjadi kewajiban setiap muslim. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan ilmu adalah pengetahuan tentang bidang yang disusun secara sistematis dengan metode tertentu untuk menjelaskan suatu gejala di bidang pengetahuan.

Ilmu yang dimaksud dalam Islam tentu tidak terbatas pada ilmu agama saja, bisa juga pengetahuan umum seperti sains, budaya, dan teknologi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ayat Al-Qur’an dan Hadits tentang Kewajiban Menuntut Ilmu

Berikut ini ayat Al-Qur’an dan hadits kewajiban menuntut ilmu yang ditulis oleh Bukhari Umar dalam bukunya berjudul Hadis Tarbawi: Pendidikan Dalam Perspektif Hadis.

1. Hadits Kewajiban Menuntut Ilmu

Rasulullah SAW bersabda:

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَل َّمَ تَعَلَّمُوا الْعِلْمَ

وَعَلِّمُوهُ النَّاسَ تَعَلَّمُوا الْفَرَائِضَ وَ عَلِّمُوْهُ النَّاسَ تَعَلَّمُوا الْقُرْآنَ وَعَلِّمُوْهُ

النَّاسَ فَإِنِّ ي امْرُؤٌ مَقْبُوضٌ وَالْعِلْمُ سَيُنْتَقَصُ وَتَظْهَرُ الْفِتَنُ حَتَّى يَخْتَلِفَ

اثْنَانِ فِي فَرِيضَةٍ لَا يَجِدَانِ أَحَداً يَفْصِلُ بَيْنَهُمَا

Ibnu Mas’ud meriwayatkan, “Rasulullah bersabda, ‘Tuntutlah ilmu pengetahuan dan ajarkanlah kepada orang lain. Tuntutlah ilmu kewarisan dan ajarkanlah kepada orang lain. Pelajarilah Al-Qur’an dan ajarkanlah kepada orang lain. Saya ini akan mati. Ilmu pengetahuan akan berkurang dan cobaan akan semakin banyak, sehingga terjadi perbedaan pendapat antara dua orang tentang suatu kewajiban, mereka tidak menemukan seorangpun yang dapat menyelesaikannya.” (HR. Ad-Darimi, Ad-Daruquthni, dan Al-Baihaqi)

Hadis di atas mempunyai tiga perintah belajar yaitu: Perintah mempelajari al-‘alm, al-fara’id, dan Al-Qur’an.

Ibnu Mas’ud berpendapat ilmu yang dimaksud adalah ilmu syariat dan segala jenisnya, al-fara’id adalah ketentuan-ketentuan. Ketentuan Islam secara umum, maupun ketentuan perihal harta warisan, serta mempelajari Al-Qur’an termasuk menghafalnya.

Rasulullah SAW pernah khawatir bilamana beliau wafat, sedangkan umatnya tidak peduli terhadap ilmu pengetahuan, maka tidak akan ada lagi orang yang mengerti agama, sehingga akan kebingungan.

Berikut ini hadis lainnya sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:

عَنْ حُسَيْنِ بْنِ عَلِّي قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْ هِ وَسَلَّمَ طَلَبُ

الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Husain bin Alwi Meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Menunut ilmu wajib bagi setiap orang Islam.” (HR Baihaqi, Ath-Thabrani, Abu Ya’la, Al-Qudha’i, dan Abu Nu’aim Al-Ashbahani).

2. Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Al-Qur’an

Ketika Allah menyuruh manusia menuntut ilmu, Allah menggunakan bermacam kata, terkadang menggunakan kata perintah supaya manusia membaca. Dalam surah Al-Alaq Ayat 1-5 Allah memakai perintah mengamati alam semesta. Ada juga Allah menggunakan kata motivasi seperti Surah Al-Mujadilah Ayat 11.

Surah Al-Alaq ayat 1-5:

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ

Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,”

خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ – ٢

Artinya: “Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.”

اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ – ٣

Artinya: “Bacalah, dan Tuhanmu Lah Yang Mahamulia,”

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ – ٤

Artinya: “Yang mengajar (manusia) dengan pena”

عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ – ٥

Artinya: “Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Ayat-ayat diatas menjadi jawaban kenapa ilmu pengetahuan begitu penting dalam kehidupan manusia, Allah memerintahkan sebelum melakukan pekerjaan dan ibadah lainnya, sebaiknya belajar membaca dulu.

Surah Al-Mujadilah Ayat 11:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Manfaat Menuntut Ilmu

Manfaat menuntut Ilmu berdasarkan hadits yang dilansir oleh Muhaemin dalam buku berjudul Quran Hadist yaitu:

1. Pahala Seperti Jihad

Orang yang menuntut ilmu akan mendapatkan pahala seperti jihad di jalan Allah SWT, sesuai hadits Nabi Muhammad SAW, yaitu:

عَنْ أَنَسِ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ص : مَنْ خَرَجَ فِي طَلَبِ الْعِلْمِ

كَانَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ حَتَّى يَرْجِعَ

Dari Anas ra ia berkata, “Rasulullah saw. berkata, ‘Orang yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah hingga ia kembali ke rumahnya.'” (H.R. at-Tirmidzi)

2. Dilipatgandakan Kebaikannya

Orang yang menuntut ilmu mendapat dua hal, dilipatgandakan kebaikannya, dan diumpamakan derajatnya lebih baik daripada orang yang melakukan shalat 100 rakaat.

يَا أَبَا ذَر لَا نَتَعْدُ وَ فَتَعَلَّمَ آيَةً مِنْ كِتَابِ اللَّهِ خَيْرٌ لَكَ مِنْ أَنْ

تُصَلِّيَ مِائَةَ رَكْعَةٍ

Hai Abu Żar, keluarmu dari rumah di pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah itu lebih baik daripada kamu mengerjakan shalat seratus rakaat. (HR. Ibnu Majah)

Demikianlah pembahasan ayat Al-Qur’an dan hadits soal kewajiban menuntut ilmu, sudah jelas menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim.

Simak Video “Album Kingdom Mirip Al-Qur’an, Agensi Minta Maaf
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.