Ceramah

Ceramah Singkat Bulan Rajab #4: Momentum Membenahi Sholat

Hadirin yang terhormat,

Bulan Rajab telah tiba, salah satu dari empat bulan yang dihormati oleh Allah subhanahu wa taala, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Quran:

“Ini [adalah ketetapan yang ditetapkan oleh Allah] tentang agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya dirimu dalam bulan-bulan yang empat itu.” (QS At-Taubah: 36)

Bulan ini memiliki kemuliaan dan keutamaan tersendiri, serupa dengan bulan-bulan lain yang juga dihormati. Dalam bulan Rajab, kita dianjurkan untuk meningkatkan ketaqwaan dan membersihkan diri dari perbuatan dosa. Ingatlah bahwa perbuatan dosa di bulan ini memiliki konsekuensi yang lebih berat. Kita perlu menjauhi segala bentuk perbuatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Bulan Rajab juga menjadi pengingat untuk fokus pada ibadah, terutama shalat. Shalat adalah kewajiban yang harus kita laksanakan dengan baik. Allah memberikan keutamaan yang besar terhadap shalat, dan kita sebagai umat-Nya, hendaknya menjaga kualitas dan ketepatan waktu shalat.

Pada bulan Rajab ini, marilah kita merenung dan introspeksi diri. Sampaikan doa-doa kita kepada Allah, memohon petunjuk dan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita. Kita juga dianjurkan untuk merawat hubungan dengan sesama, menjauhi sikap buruk, fitnah, dan perilaku yang tidak pantas.

Bulan Rajab juga mengingatkan kita akan peristiwa Isra Miraj yang penuh keajaiban. Pada malam 27 Rajab, Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam diIsrakan dari Baitul Haram ke Baitul Maqdis dan naik ke Sidratul Muntaha. Peristiwa ini mengajarkan kepada kita tentang kemuliaan dan kebesaran Allah.

Dalam menanam kebaikan di bulan ini, mari kita saling mendukung dan menginspirasi satu sama lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan lupa bahwa kebaikan yang kita tanam akan menuai hasil yang baik di dunia dan akhirat.

Semoga bulan Rajab ini memberikan keberkahan, keselamatan, dan petunjuk bagi kita semua. Mari tingkatkan amal ibadah dan teruslah berusaha menjadi hamba yang taat kepada Allah subhanahu wa taala.

Terima kasih, semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada kita semua.

sumber: detikjateng

Ade Munaa

Worked as an IT engineer in several companies and became a freelance software developer. More than 20 years of experience creating and managing sites in various software languages.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button