Lompat ke konten

Bulan Puasa Berapa Hari Lagi? Ini Hitung Mundurnya


Jakarta

Umat Islam sebentar lagi memasuki bulan puasa atau Ramadhan 2024 pada Maret mendatang. Jika dihitung mundur, bulan puasa berapa hari lagi?

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriah. Ramadhan juga dikenal dengan bulan puasa karena pada bulan tersebut umat Islam diwajibkan berpuasa sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al Baqarah ayat 183.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ ١٨٣


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Penentuan awal bulan puasa secara umum dilakukan menggunakan metode rukyah dan hisab. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI menggabungkan kedua metode tersebut yang kemudian dibahas dalam sidang isbat, sebagaimana amanat Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Kemenag akan menggelar sidang isbat pada 29 Syaban yang bertepatan dengan 10 Maret 2024. Sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2024 menggabungkan hasil perhitungan astronomis, dengan hasil temuan hilal melalui pemantauan hilal secara langsung.

Dilansir dari situs Kemenag, Rabu (28/2/2024), Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan rukyatul hilal 2024 ini akan digelar di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Adapun, secara hisab tinggi hilal ketika matahari terbenam di seluruh wilayah Indonesia pada 29 Syaban berkisar antara -0°20′ 1,2″ sampai 0°52′ 5,4″ dengan sudut elongasi antara 2°14′ 46,8″ sampai 2°41′ 50,4.

Bulan Puasa Jatuh 12 atau 13 Hari Lagi

Awal bulan puasa menurut keputusan Kemenag RI bisa saja jatuh pada 11 Maret 2024 atau 12 Maret 2024 jika Syaban diistikmalkan (digenapkan dalam 30 hari). Jika dihitung mundur dari prediksi tersebut, bulan puasa akan tiba dalam 12 atau 13 hari lagi dari sekarang.

Bulan Puasa Versi Muhammadiyah: 12 Hari Lagi

Sementara itu, PP Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 2024 jatuh pada 11 Maret 2024. Keputusan ini tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H.

Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammadiyah Muhammad Sayuti dalam konferensi persnya di Yogyakarta pada Sabtu (20/1/2024) lalu menjelaskan penetapan awal Ramadhan ini menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Mengacu pada ketetapan tersebut, warga Muhammadiyah akan memasuki bulan puasa dalam 12 hari lagi.

Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan umat Islam dalam mempersiapkan datangnya Ramadhan. Disebutkan dalam buku 1001 Cara Dahsyat Melatih Anak karya Bunda Nofisah A, berikut beberapa di antaranya.

1. Persiapan dari Hati Nurani

Bulan Ramadhan mesti disambut dengan kegembiraan, cara untuk mempersiapkan jiwa dan spiritual untuk menyambut bulan puasa dengan memperbanyak ibadah-ibadah di bulan Syaban.

Hal tersebut mengacu pada hadits yang diriwayatkan Aisyah RA, ia berkata, “Belum pernah Rasulullah SAW berpuasa (sunnah) di bulan-bulan lain, sebanyak yang ia lakukan di bulan Syaban.”

2. Persiapan Ilmu

Supaya mendapatkan ganjaran amal di bulan Ramadhan secara optimal, maka diperlukan pengetahuan dan pemahaman perbuatan-perbuatan yang dapat membatalkan puasa.

Dikatakan dalam hadits yang diriwayatkan dari Mu’adz bin Jabal RA, “Hendaklah kalian memperhatikan ilmu, sebab mencari ilmu karena allah adalah ibadah.”

3. Persiapan Fisik

Beraktivitas sambil menunaikan ibadah puasa Ramadhan memerlukan kekuatan fisik, untuk bekerja, untuk puasa, tilawah, tarawih, dan sahur. Bila mempunyai fisik yang baik, dapat melakukan ibadah-ibadah tanpa ada yang terlewatkan satupun.

Simak Video “Muhammadiyah Tetapkan Jadwal Awal Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 2024
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.