Lompat ke konten

Berbeda dengan Manusia, Ini Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi Setan


Jakarta

Setan merupakan makhluk ghaib ciptaan Allah SWT. Seperti manusia, mereka juga membutuhkan makanan meskipun berbeda dengan apa yang kita konsumsi sehari-hari.

Terkait setan disebutkan dalam sejumlah dalil, salah satunya surah An Nahl ayat 99,

إِنَّهُۥ لَيْسَ لَهُۥ سُلْطَٰنٌ عَلَى ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Artinya: “Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhannya.”

Lantas, apa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh setan?

Apa Makanan dan Minuman Setan?

1. Tulang dan Kotoran Binatang yang Kering

Diterangkan dalam buku Mengapa Malaikat dan Setan di Rumah Kita susunan Abu Hudzaifah Ibrahim, ada sejumlah dalil yang menerangkan makanan dan minuman kesukaan setan.

Pada kitab Shahih Bukhari, Abu Hurairah mengatakan bahwa Nabi SAW pernah menyuruhnya mencari beberapa batu untuk beliau beristinja (bersuci). Rasulullah berpesan, “Tetapi, engkau jangan membawa kepadaku tulang atau kotoran binatang (yang kering)!”

Abu Hurairah lantas menanyakan penyebabnya. Beliau menjawab, “Karena tulang dan kotoran binatang (yang telah kering) itu adalah makanan jin. Sesungguhnya, telah datang kepadaku serombongan jin dan mereka adalah sebaik-baiknya jin untuk meminta bekal (makanan) kepadaku. Aku berdoa kepada Allah agar menjadikan setiap tulang dan kotoran binatang (yang telah kering) yang mereka lewati di jalan sebagai makanan jin.”

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda hal yang serupa:

“Janganlah kalian beristinja (bersuci) dengan kotoran binatang atau tulang karena keduanya adalah makanan saudaramu, jin.”

2. Khamr

Seperti manusia, setan dan jin juga minum. Allah SWT berfirman dalam surah Al Ma’idah ayat 90 bahwa minuman kesukaan setan adalah khamr.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِنَّمَا ٱلْخَمْرُ وَٱلْمَيْسِرُ وَٱلْأَنصَابُ وَٱلْأَزْلَٰمُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ ٱلشَّيْطَٰنِ فَٱجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Bagaimana Cara Setan Makan?

Terkait makanan para setan dan jin juga dijelaskan dalam Kitab Alamul Jin wasy Syaithon oleh Syaikh Prof. Dr. Umar bin Sulaiman bin Abdullah Al Asyqor. Setan dan jin menggunakan tangan kiri untuk makan dan minum, karenanya Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan dan minum menggunakan tangan kanan agar tidak sama dengan setan.

Dalam sebuah hadits, Nabi SAW bersabda:

“Jika salah seorang dari kalian makan, hendaklah ia makan dengan tangan kanan. Jika ia minum, hendaklah ia minum dengan tangan kanan karena setan itu makan dan minum dengan tangan kiri.” (HR Muslim)

Selain itu, dikatakan dalam sebuah sumber bahwa setan makan dan minum bukan dengan mengunyah atau menelan, melainkan menghirup aroma makanan dan minuman. Pernyataan ini diterangkan dalam buku Yang Tersembunyi: Jin, Iblis, Setan dan Malaikat dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah serta Pemikiran Ulama Masa Lalu dan Masa Kini susunan cendekiawan Islam, M Quraish Shihab.

Meski demikian, sebagian ulama menolak terkait pendapat di atas. Mereka mengatakan tidak ada dasarnya dan menganggap riwayat tersebut hanya sebagai metafora.

Simak Video “Film ‘Tanduk Setan’ Kenalkan Bahasa Jaseng
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.