Lompat ke konten

Arti Ramadhan Kareem dan Perbedaannya dengan Ramadhan Mubarak



Jakarta

Ramadhan Kareem menjadi ucapan yang sering kita dengar ketika mulai memasuki bulan puasa. Sama dengan Ramadhan Mubarak yang suka kita dengar jelang Ramadhan.

Lantas apa arti Ramadhan Kareem yang sesungguhnya, dan harapan baik yang terkandung di balik penyebutan Ramadhan Kareem. Serta perbedaannya dengan Ramadhan Mubarak.

Pengertian Ramadhan Kareem

Dilansir dari Arabian Tongue (09/04), ungkapan ramadhan kareem telah diucapkan sepanjang sejarah Islam, hingga dapat ditelusuri sampai di zaman Rasulullah SAW, sebagai ucapan standar yang digunakan Nabi SAW serta para sahabat selama bulan Ramadhan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ramadhan Kareem juga disebutkan sebagai ungkapan harapan baik-baik dan berkah selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Arti Ramadhan Kareem

Ramadhan Kareem terdiri dari dua kata Ramadhan dan Kareem. Ramadhan adalah nama dari bulan suci umat Islam dan Kareem yang berarti dermawan atau terhormat. Ramadhan Karim dimaknai sebagai Ramadhan murah hati atau Ramadhan terhormat.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dilansir dari situs Kemdikbud secara harfiah adalah Ramadan Kareem artinya ‘Ramadan yang murah hati’.

Arti Ramadhan Mubarak

Ramadhan Mubarak mempunyai arti sebagai bulan Ramadhan yang diberkati, meskipun keduanya sama-sama ungkapan umum di Bulan Ramadhan. Akan tetapi Ramadhan Kareem dianggap lebih formal.

Menurut KBBI seperti dikutip dari situs resmi Kemdikbud, kata Mubarak artinya ‘mendapat berkat’. Maka kalimat Ramadan Mubarak artinya ‘Ramadan yang berkah’ atau ‘Ramadan yang diberkati’ atau semacamnya.

Secara etimologi, kata Mubarak berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata mubārak yang artinya ‘yang diberkati’ dari kata bāraka yang artinya ‘memberkati’ dari kata baraka yang artinya ‘menderum’.

Perbedaan Arti Ramadhan Kareem dan Mubarak

Perbedaan Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak juga terletak pada penyebutan secara Bahasa Inggris. Bila Ramadhan Kareem dalam Bahasa Inggris adalah Generous Ramadhan, sedangkan Ramadhan Kareem ialah “Happy Ramadhan”.

Ungkapan Ramadhan Kareem mengarah kepada suatu ucapan yang mencerminkan kalau Ramadhan Kareem bulan penuh kelimpahan, berkah, secara material maupun spiritual, sedangkan Ramadhan Mubarak lebih dikhususkan untuk ungkapan perayaan, seperti ketika Idul Fitri.

Lebih baik mana antara ungkapan Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak? Dilansir dari Times Of India (04/05), menurut sebagian orang ungkapan Ramadhan Kareem dianggap kurang tepat, pasalnya bertentangan dengan spirit bulan puasa yang menawarkan kemurahan hati.

Ada juga berpendapat kalau ungkapan “Ramadhan Kareem” tidak boleh dikatakan, namun ada juga berpandangan tidak masalah mengungkapkannya karena pahala yang akan didapatkan oleh orang tersebut.

Baik Ramadhan Kareem maupun Ramadhan Mubarak mempunyai makna positif yang baik ketika disampaikan.

Simak Video “JK Ajak Masyarakat Bersih-bersih Masjid Jelang Ramadan
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.