Lompat ke konten

6 Amalan yang Bisa Dikerjakan saat Ramadan, Tak Hanya Puasa


Jakarta

Umat Islam kembali berjumpa dengan Ramadan. Pada bulan yang mulia ini, banyak amalan yang dapat dikerjakan selain puasa wajib.

Sebagai bulan yang istimewa, banyak keutamaan yang terkandung pada Ramadan. Menukil dari buku Fiqih Sunnah oleh Sayyid Sabiq, Ramadan menjadi waktu dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA,


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ketika datang (bulan) Ramadan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR Bukhari dan Muslim)

Karenanya, kaum muslimin dianjurkan memperbanyak amalan dan meningkatkan ketaatan dalam beribadah pada bulan Ramadan. Lantas, amalan apa saja yang bisa dilakukan selain puasa wajib?

Amalan-amalan di Bulan Ramadan

Mengutip buku Amalan di Bulan Ramadhan karya Mardiyah, berikut sejumlah amalan yang dapat dikerjakan pada bulan Ramadan.

1. Puasa Ramadan

Puasa Ramadan menjadi ibadah wajib yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Kewajiban puasa termaktub dalam surah Al Baqarah,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

2. Bersedekah

Sedekah adalah amalan yang bisa dikerjakan kapan saja, termasuk saat Ramadan. Banyak cara untuk bersedekah di bulan Ramadan, contohnya memberi makanan berbuka kepada yang membutuhkan atau biasa dikenal sebagai takjil.

3. Iktikaf

Iktikaf termasuk sunah Rasulullah SAW. Amalan ini dilakukan dengan cara berdiam diri di masjid dengan syarat-syarat tertentu.

Pelaksanaan iktikaf dimaksudkan agar kaum muslimin dapat menjauhi pikiran duniawi untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Iktikaf umumnya dilaksanakan pada 10 malam terakhir Ramadan.

4. Salat Tarawih

Tarawih menjadi ibadah yang identik dilakukan ketika Ramadan. Salat ini dikerjakan pada malam hari seusai Isya sebelum Subuh.

Hukum pengerjaan salat Tarawih adalah sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan. Salat Tarawih juga mengandung banyak keutamaan, salah satunya diampuni dosa-dosa terdahulu dan melapangkan rezeki.

5. Membaca Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah amalan yang dianjurkan pada bulan Ramadan. Mengerjakannya dapat membuat seseorang meraih pahala dan keberkahan yang berlimpah dibanding dengan hari-hari di luar Ramadan.

6. Zakat Fitrah

Salin puasa, zakat fitrah menjadi amalan wajib yang harus dilakukan oleh kaum muslimin. Pelaksanaan zakat ialah hari-hari akhir Ramadan jelang Idul Fitri.

Dengan berzakat, maka harta yang kita hasilkan menjadi berkah untuk kehidupan. Membayar zakat juga dapat mengangkat derajat keimanan sekaligus membantu sesama.

Simak Video “Efek Positif Berpuasa, Kadar Lemak Berkurang-Gula Darah Terkontrol
[Gambas:Video 20detik]
(aeb/kri)

source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.